Fakta Seputar Obesitas, Dampak dan Solusinya

Obesitas ataupun kelebihan berat badan tampaknya sudah akrab dalam lingkungan kita. Banyak faktor yang menyebabkan obesitas tersebut. Pada tahun 2008, lebih dari 200 juta orang laki-laki dan hampir 300 juta perempuan mengalami obesitas. Bahkan  hampir sekitar 43 juta anak di bawah usia 5 tahun kelebihan berat badan pada tahun 2010.

Kegemukan dan obesitas diartikan sebagai akumulasi lemak abnormal atau berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan. Dikatakan kelebihan berat badan bila indeks massa tubuh (BMI) lebih besar atau sama dengan 25. Sementara itu, untuk patokan obesitas adalah bila BMI lebih besar atau sama dengan 30. Untuk mengukur BMI, Anda cukup membagi berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi dalam meter (kg/m2).



Kegemukan dan obesitas merupakan risiko kematian urutan kelima, secara umum. Seperti dilansir dari who.int, sedikitnya 2,8 juta orang dewasa meninggal setiap tahun karena kelebihan berat badan atau obesitas. Sebagai perbandingan, 44% kematian disebabkan diabetes, 23% karena penyakit jantung, dan antara 7% dan 41% karena kanker tertentu yang disebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Kasus Kegemukan atau obesitas ini pernah dianggap sebagai masalah di negara maju.Tapi saat ini telah mulai  merambah di negara berkembang. Setidaknya, 35 juta anak-anak dengan kelebihan berat badan tinggal di negara berkembang dan 8 juta lainnya di negara maju. Salah satu penyebabnya adalah ketidakseimbangan energi antara kalori yang dikonsumsi dan kalori yang dikeluarkan. Misalnya, bagi Anda yang doyan makan, tapi tidak suka berolahraga.

Obesitas atau kegemukan bisa menimbulkan penyakit di antaranya:
  1. Penyakit kardiovaskuler (terutama penyakit jantung dan stroke)
  2. Diabetes
  3. Gangguan muskuloskeletal (terutama osteoartritis - penyakit degeneratif yang sangat melumpuhkan sendi)
  4. Beberapa penyakit kanker (endometrium, payudara, dan usus besar).

Kegemukan dan obesitas sebenarnya dapat dicegah. Misalnya dengan dukungan dari lingkungan dan masyarakat. Hal ini sangat penting bagi seseorang untuk menentukan pilihan, termasuk membuat pilihan makanan sehat yang dikonsumsinya, serta aktivitas fisik secara teratur.

Selain beresiko timbulnya penyakit diatas, kegemukan atau obesitas juga memberikan dampak  secara psikologis yakni sering tidak pede alias percaya diri terhadap penampilan. Buat Anda yang mengalami kegemukan atau obesitas tetapi tidak menyukai olahraga atau sudah melakukan bermacam-macam diet ada salah satu program yang telah terbukti cukup ampuh menurunkan berat badan secara sehat dan alami yakni dengan program Smart Detox. Baca selengkapnya  disini